judul judul

Rabu, 17 September 2014

kota malang


 
      

      Malang  adalah sebuah kota yang memiliki udara yang panas,selain itu disana juga kerap terjadi kemacetan. Namun dibalik itu Malang adalah sebuah kota yang memiliki sejuta keunggulan seperti : budaya, makan khas,dan ciri khasnya. Selain itu Malang kerap dikenal sebagai bumi arema karena club sepak bola arema lahir  dan dibesarkan dikota ini. Seperti yang dikatakan tadi Malang memiliki banyak keunggulan.
Dimulai dari budayanya,Malang memiliki banyak sekali budaya seperti  bahasa walikan yaitu bahasa yang pengucapannya di balik seperti: “ngalup”  dan lain-lain. Bukan itu saja Malang juga memiliki beberapa kerajinan seperti kerajian topeng,keramik,dan tari jaran kepang. Di Malang juga terdapat banyak candi seperti candi singosari,candi badut,dan masih banyak lagi. Selain budayanya,Malang memiliki beberapa makanan khas seperti bakso,keripik tempe,dan apel malang dan masih banyak lagi. Pastinya akan sangat betah berada di kota ini.
Tadi telah disebutkan bahwa di Malang terdapat kerajinan topeng pastinya disitu juga ada kesenian tari topeng. Namun sekarang tari topeng mulai jarang ditemui,karena sedikitnya para generasi muda yang melestariakan tarian ini. Sekarang tarian ini hanya dapat dijumpai saat acara-acara tertentu saja.
Di malang juga terdapat kesenian jaran kepang, tarian yang dimainkan oleh beberapa pemuda. Tarian ini sekarang banyak dijumpai di acara hajatan,pernikahan dan lain-lain.

Di Kota Malang juga terdapat tempat yang merupakan sarana apresiasi budaya Jawa Timur yaitu Taman Krida Budaya Jawa Timur, di tempat ini sering ditampilkan aneka budaya khas Jawa Timur seperti Ludruk, Ketoprak, Wayang Orang, Wayang Kulit, Reog, Kuda Lumping, Sendra tari, saat ini bertambah kesenian baru yang kian berkembang pesat di Kota Malang yaitu kesenian "bantengan", kesenian ini merupakan hasil dari kreatifitas masyarakat asli Malang, sejak dahulu sebenarnya kesenian ini sudah dikenal oleh masyarakat malang namun baru sekaranglah "bantengan" lebih dikenal oleh masyarakat tidak hanya masyarakat lokal namun juga luar daerah bahkan mancanegara. Khusus di Malang sering diadakan pergelaran "bantengan" hampir setiap perayaan hari besar baik keagamaan maupun peringatan hari kemerdekaan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar